Thursday, December 27, 2012

Melewati masa-masa kritis seorang entrepreneur

Seorang entrepreneur juga adalahmanusia.. kalimat ini menggelitik saya untuk membahasnya karena sangat menarik untukd dicermati. Kenapa? Salah satunya adalah karena saya juga sebagai entrepreneur yang tidak lepas dari masa-masa kritis tersebut.

Membahas konsep masa kritis, tentulah dilihatkonteks nya terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan masa kritis tersebut. Apakah sama dengan masa kritis seorang dokter, pasien atauyang lain? Jangan sampai salah membahasakannya dan melihat permasalahan konteks kritis tersebut.

Bagi saya, masa-masa kritis bagi seorang entrepreneur adalah ketika mereka menghadapi masalah yang berhubungan dengan bisnis mereka dan harus diselesaikan atau dipecahkan oleh seorang entrepreneur tersebut.

Permasalahan yang selalu dihadapi oleh seorang entrepreneur adalah masalah perubahan lingkungan yang menyebabkan mereka harus berfikir sebagai seorang ahli strategi, permasalahan keuangan dan akuntansi yang membuat mereka harus berfikir sebagai seorang ahli keuangan dan akuntan.

Masalah pemasaran yang memaksa mereka harus berfikir sebagai seorang marketer, masalah operasi yang menuntut mereka harus berfikir sebagai ahli dalam proses bisnis perusahan serta masalah sumber daya manusia atau karyawan yang menuntut mereka harus berfikir sebagai seorang jagoan dalam bidan sdm.

Masa-masa kritis tersebut adalah ketika seorang entrepreneur harus mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dan tetap memberikan value yang optimal bagi bisnis mereka.

Jadi, masa kritis tersebut harus dihadapi dan dilewati dengan baik.

No comments:

Post a Comment