Tuesday, June 25, 2013

Membangun entrepreneur yang sukses

Dalam suatu kesempatan, saya ditanya, apa kriteria seorang entrepreneur yang sukses menurut pa meriza? Pertanyaan yang sangat menarik buat saya. Akan tetapi, tidak mudah untuk menjawabnya. Harus hati-hati.

Setelah saya renungkan, untuk menjadi entrepreneur sukses itu tidak mudah. Akan tetapi, ada indikatormya. Bagi saya, ada lima. Apa saja itu?

Pertama, mereka harus mampu mencapai profit yang optimal. Profit menjadi tujuan utama setiap entrepreneur. Selisih penerimaan dengan biaya.

Kedua, harus memberikan kemashlahatan dan kesejahteraan bagi setiap masyarakat yang ada disekitar mereka. Mereka harus memberikan kesejahteraan kepada banyak orang. Ini penting bagi seorang entrepreneur.

Ketiga, harus mampu menjaga kelestarian alam. Tidak boleh merusak alam. Jagalah alam tersebut. Penting untuk dipahami.

Keempat, menjaga sustainability dakam bisnisnya. Sustainability atau keberlanjutan harus jadi pertimbangan utama mereka. Kenapa demikian? Bisnis jangka pajang adalah indikator keberhasilan mereka.

Terakhir, kelima, harus tumbuh dan berkembang. Tumbuh dan berkembang menjadi bisnis yang besar dari perseorangan, mikro, kecil, menengah dan besar.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment