Saturday, March 30, 2013

Menyeleraskan kreativitas dengan karakteristik bisnis

Malam ini saya melakukan diskusi yang sangat intens dengan tim dalam perusahaan melalui grup bbm yang dimulai sejak magrib tadi. Diskusi ini berhubungan dengan pengembangan salah satu program diperusahaan.

Diskusi yang sangat intens ini sangat bersifat stratejik buat perusahaan kedepannya karena hal ini relevan dengan rencana stratejik perusahaan kedepannya. Saya tidak boleh main-main dengan keputusan dalam aspek ini.

Salah satu yang dipertimbangkan oleh para anggota tim adalah bagaimana kreativitas pada program yang sudah berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sudah terbenam dalam benak audiense dan konsumen tentang program ini.

Oleh karena itu, tidak boleh main-main dengan kreativitas sehubungan dengan program yang sudah berjalan tersebut. Hal ini menjadi sangat penting buat positioning program tersebut.

Saya selaku salah satu yang bertanggung jawab pada perusahaan, berusaha untuk tidak terjebak pada kreativitas yang kurang relevan dengan karakter program dan perusahaan secara keseluruhan. Keputusan yang saya buat harus bisa bersifat logis.

Karakteristik perusahaan sebagai lembaga yang concern terhadap pendidikan adalah kata kunci yang tidak boleh dihilangkan. Hal ini sudah jelas dalam perusahaan.

Jadi, kreativitas tidak boleh asal-asalah sehubungan dengan program perusahaan yang sudah berjalan tersebut nantinya. Ada tahap-tahap yang harus dijalankan dan dilalui.

Tentu ada yang ingat new product development atau yang lebih dikenal dengan NPD dalam pemasaran suatu produk perusahaan. Mulai tahap penemuan ide, pengembangan ide, test ide, test pasar sampai dengan komersialisasi adalah tahap-tahap yang harus dijalani agar kreativitas tersebut menjadi inovasi.

Artinya, kreativitas harus dilakukan secara hati-hati buat produk perusahaan. Tidak boleh sembarangan. Akan tetapi. Bukan pula berarti mematikan kreativitas lho... Ini tulisan penutup pukul 00.56 wib...selamat istirahat...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment